Bagaimana Cara Memperoleh Dana Untuk Bisnis

Ketika Pertama kali anda memiliki keinginan untuk memulai usaha / bisnis mandiri ada beberapa hal penting yang harus anda persiapkan secara matang seperti bagaimana ide perusahaan anda ke depan,bagaimana dengan ketenagakerjaannya,apakah kompetitor di bidang usaha yang hendak anda bangun besar ataukah kecil,Bagaimana permintaan pasar terhadap produk yang anda buat serta yang lebih dan paling penting dalam menbangun suatu bisnis adalah MODAL.

Modal adalah salah satu elemen penting sebagai Pondasi berdirinya suatu perusahaan / bisnis,tanpa modal tentu saja anda tidak dapat mewujudkan bisnis yang anda impikan bukan?.
Modal yang saya maksud disini bukan saja dari segi keuangan,melainkan banyak hal yang dapat dikategorikan sebagai modal seperti PENGALAMAN,KEBERANIAN,DAN PENGETAHUAN.

Untuk kali ini yang hendak saya bahas adalah modal yang berupa uang / aset dan inilah cara - cara yang dapat anda tempuh untuk memperoleh modal guna membangun bisnis anda:

1.Dana Pribadi.
Sebelum anda meminta minta dana kemana mana sebaiknya gunakanlah dana pribadi anda berupa tabungan yang dahulu pernah anda kumpulkan,bila itu masih belum mencukupi anda dapat menjual aset aset lain milik anda untuk menutupi kekurangan modal anda,misal saja dengan menjual motor,tanah/rumah lain bila ada. Memang memulai suatu bisnis memerlukan pengorbanan seperti ini. Maka dari itu sebelum memulai bisnis anda pikirkan jangka panjangnya apakah akan menghailkan atau tidak di kemudian hari.

Picture by : conzepts.net

2.Pinjaman Keluarga.
Jangan jauh - jauh dahulu mencari sumber dana,bukankah anda memiliki keluarga - sanak saudara,pinjamlah kepada mereka,utarakan niat anda untuk meminjam sejumlah uang guna membangun usaha.

3.Pinjaman Bank / koperasi.
Bila ternyata keluarga atau sanak saudara anda tidak memiliki uang yang dapat mendukung anda,cobalah meminjam dana ke bank. Saat ini banyak bank - bank nasional yang menawarkan pinjaman modal Usaha baik dalam skala UKM maupun skala besar.

4.Rekan Bisnis.
Bila anda menganggap meminjam Uang ke bank terlalu beresiko buat anda dan takut tidak bisa mengembalikan dana pinjaman kenapa anda tidak mencari rekan bisnis yang sejalan dengan anda dan mau untuk saling bekerja bersama membangun bisnis yang anda maksud. Anda dapat membagi modal awal 50:50 bila anda hanya berdua. Intinya adalah dari kesepakatan yang telah anda buat bersama baik itu dalam hal modal,tugas,serta bagi hasil dari keuntungan yang didapat oleh perusahaan dengan dibuatnya suatu perjanjian tertulis dan berkekuatan hukum.

5.Investor.
Investor ini kurang lebh sama dengan rekan bisnis,namun untuk Investor terfokus hanya pada Dana. Seorang investor akan bersedia untuk menyumbangkan uang mereka sebagai modal perusahaan yang akan anda bangun dengan harapan si investor tersebut juga akan mendapat bagi hasil dari keuntungan yang anda dapat ( baca : pemodal ).

6.Dana Hibah.
Saat ini banyak perusahaan besar yang membentuk anggaran untuk digunakan sebagai dana hibah yang ditujukan kepada masyarakat sekitar perusahaan mereka dengan maksud untuk membantu mengembangkan perekonomian sekitar. Biasanya mereka membagikan dana hibah ini tidak langsung dibagi pe perorangan seperti dana Bantuan Langsung Tunai ( BLT ),akan tetapi akan disalurkan melalui event - event kompetisi yang diselenggarakan perusahaan tersebut. Nah ini adalah peluang besar bagi anda para pencari dana.

0 Response to "Bagaimana Cara Memperoleh Dana Untuk Bisnis"

Post a Comment