Tips Berjualan Secara Online Bagi Pemula

Memang bisnis jualan online saat ini sangat membuat para pemula menjadi sangat tertarik karena tergiur akan penghasilan yang sangat besar disini. Namun masih banyak para pemula yang baru merintis usaha jualan online ini terbentur dengan ketidaktahuan akan dimulai darimana dahulukah bisnis online yang mereka buat. Padahal pengetahuan tentang seluk beluk dunia online ini sangat dibutuhkan bagi mereka yang masih pemula. Dengan memiliki pengetahuan kita para pemula tentunya akan mampu memaksimalkan potensi - potensi yang kita miliki guna memperbesar peluang sukses berbisnis online. Berikut sedikit kiat yang bisa anda perhatikan untuk membangun sebuah bisnis online.

Fokus Produk.
Untuk para pemula yang memang baru belajar mengenai bisnis jualan online sebaiknya memfokuskan diri terhadap satu atau dua produk saja. Hal ini guna mengantisipasi ketidaktersediaan baang lain bila terlalu banyak yang dijual. Misal anda fokus pada pernak pernik,boneka,dan lain - lain sesuai kemampuan. Bila anda memang sudah pro mohon tidak menertawakan ya soalnya ini ditujukan hanya untuk pemula.

Membuat Toko Online.
Setelah anda menetapkan produk apa yang hendak anda jual via online langkah selanjutnya adalah membuat website/blog toko online. Anda bisa menggunakan CMS blogger bila masih baru dalam dunia blogging karena penggunaannya yang mudah. Namun bila anda sudah mahir mengunakan Cms seperti wordpress itu akan lebih baik lagi karena lebih lengkap meskipun agak rumit.

Product display.
memajang produk anda di dalam web toko online adalah wajib hukumnya. Anda bisa memajang sebuah foto benda yang akan anda jual beserta ulasan dan harganya. Berikan kemudahan cara bertransaksi karena pelanggan saat ini lebih memilih yang simple dan tidak bertele - tele.
Untuk produk anda bisa mendapatkan dari mana saja termasuk sebagai reseller dari agen tertentu atau bila anda memiliki karya seni sendiri bisa dijadikan sebagai produk.

Pemasaran.
Pemasaran didalam toko online terfokus kepada alamat website yang anda miliki sebagai toko online. Anda dapat mempromosikannya melalui jejaring media sosial seperti facebook,twitter dan google plus sebagai sarana menarik visitor untuk mengunjungi website toko online anda. Aktiflah di forum seperti disqus,KASKUS dan forum lainnya karena pengalaman saya di forum tersebut dapat mendatangkan jumlah pengunjung yang sangat banyak.

Membangun Kepercayaan.
Setelah pengunjung toko online anda sudah banyak dan mungkin sudah ada yang melakukan pemesanan barang,jangan sekali - kali membuat mereka kecewa apalagi samai menipu. Karena hal ini dapat membuat image toko online anda jadi jelek. Satu kali pelanggan dikecewakan maka ia akan melampiaskan kekecewaannya dengan bercerita jelek tentang toko online kita kepada teman - temannya. Lebih gawat lagi bila dia sampe mengunggah keluh kesahnya ke media sosial.

Permudah pelanggan.
Untuk tata cara pembayaran serta berapa lama waktu yang akan dibutuhkan untuk pengiriman barang sangat penting dan perlu anda cantumkan di toko online anda. Misalkan saja dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan seluruh jaringan ATM termasuk ATM bersana dan lain sebagainya. Cantumkan juga data diri anda didalam web toko online agar pengunjung lebih yakin dan percaya bahwa anda adalah toko asli ( bukan penipu ).

Tips Berjualan Secara Online Bagi Pemula


Kalau bisa untuk lebih dekat dengan pelanggan yang mungkin kebetulan ada disekitar tempat anda tinggal berikan kesempatan untuk mengunjungi anda secara offline. Jualan dapat dilakukan secara langsung bertemu muka ( COD ).


0 Response to "Tips Berjualan Secara Online Bagi Pemula"

Post a Comment