Cara Ampuh Optimasi SEO Di Youtube

Cara ampuh melakukan optimasi video youtube - selain rajin mengupload video yang menarik ke channel youtube, hal yang tak kalah penting lainnya adalah dengan melakukan optimasi video baik yang akan kita upload ataupun setelah kita upload agar nantinya video milik kita akan dapat dengan mudah ditemukan oleh para calon pemirsa di saluran youtube.

Nah bila kalian adalah seorang youtuber pemula, agar vieo yang kalian unggah di saluran youtube bisa dilihat oleh banyak orang sehingga penghasilan AdSense anda meningkat, maka anda perlu melakukan optimasi SEO pada video youtube yang caranya antara lain sebagai berikut :

Cara Ampuh Optimasi SEO Di Youtube


Cara optimasi SEO ampuh di youtube


1. Lakukan riset kata kunci video youtube

Hal yang perlu kalian lakukan sebelum mengupload sebuah video adalah dengan melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Inti dari melakukan riset kata kunci ini adalah untuk mencari sebuah kata kunci yang paling sering di ketik oleh user atau pengunjung di kolom pencarian youtube sesuai dengan topik dari channel video anda.

Untuk pencarian keyword atau kata kunci carilah kata kunci yang populer dan juga paling banyak dicari di mesin pencari youtube, namun dengan tingkat daya saing yang rendah. Setelah anda memperoleh sebuah kata kunci populer dengn daya saing rendah dan kata kunci tersebut sering di ketik oleh pengguna, langkah selanjutnya adalah menentukan sebuah video apa yang nantinya akan kalian buat dan pastinya video ini relevan atau sesuai dengan kata kunci yang anda dapatkan.

Sebagai contoh jika anda memiliki sebuah channel otomotif sepeda motor, coba cari kemungkinan kata kunci yang nantinya akan banyak di cari oleh pengguna, misalnya saja " cara ganti minyak rem motor sendiri, atau cara modifikasi rem tromol jadi rem cakram. Nah setelah itu barulah anda buat video tutorialnya dan mengunggahnya di youtube.

2. Usahakan membuat video berdurasi panjang

Mungkin anda juga pernah ingin mencari video yang kalian inginkan di youtube, kemudian setelah menemukannya anda tidak suka karena tidak menarik dan menutup video tersebut bukan ? Hal ini nantinya juga akan terjadi pada video yang kalian unggah jika video yang kalian upload tidak menarik dan membosankan. Hal ini kurang lebih mirip dengan artikel yang kalian baca di internet, membuat sebuah video pun juga harus yang berkualitas dan sangat menarik, dan inilah kunci sukses video anda menjadi viral dan ditonton oleh banyak orang. jadi antara video menarik dan teknik SEO youtube ini saling berkaitan sebab setelah anda menerapkan jurus SEO ke video dan ternyata video nya tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh pemirsa sudah tentu akan ditinggalkan begitu saja dan mereka akan memilih video lain yang lebih menarik.

Youtube sendiri juga memberikan sebuah nilai relevansi yang sangat tinggi terhadap sebuah video yang berdurasi lama. Semakin lama penonton membuka dan menonton video anda, maka youtube pun akan menganggap video anda ini relevan sehingga mesin dari youtube ini akan memberikan sebuah apresiasi kepada channel kalian untuk selanjutnya akan di tampilkan di halaman pertama dari mesin pencari video youtube. Di dunia blogger hal ini dikenal dengan rasio pentalan atau bounce rate, semakin lama pengunjung berada di situs milik kita, semakin naik pula rating dari situs kita di mata mesin pencari.

3. Usahakan format video adalah HD

Untuk jenis format video yang sangat disarankan untuk diupload ke saluran youtube adalah yang berkualitas HD atau High Definition sebab tentu saja pengunjung lebih senang melihat video yang jernih dan bersih dibandingkan video yang ngeblur dan pecah pecah. Begitu juga dengan youtube, mereka sangat mengutamakan faktor kepuasan kepada para user / penonton. Intinya video yang berkualitas HD lebih diprioritaskan oleh youtube ketimbang video yang berkualitas non HD, sebagai sebuah contoh video HD adalah yang memiliki resolusi 1080p atau 720p. Untuk video yang memiliki resolusi dibawah itu sebaiknya jangan diupload meskipun youtube mengizinkan video ber resolusi 640, 480, 240 dan 144 untuk diupload. Untuk mengetahui resolusi video yang disarankan oleh youtube silahkan baca tulisan kami lainnya melalui tautan dibawah ini.

Baca juga : Resolusi video yang disarankan oleh webmaster youtube


4. Lakukan optimasi SEO on video file

Optimasi SEO on video file adalah sebuah optimasi yang kita terapkan sebelum video tersebut diunggah ke saluran atau channel youtube kita dan tayang di internet. Untuk pengaturannya silahkan lakukan beberapa hal seperti di bawah ini:

#Tanam keyword pada judul video sebelum diupload

Untuk teknik penerapan SEO di youtube lainnya adalah dengan merename file video yang belum diupload dengan nama yang mengandung kata kunci atau keyword yang telah kita bidik tadi. Misalnya anda ingin mengunggah sebuah video tentang tutorial stroke up mesin motor misalnya, maka sebaiknya sebelum video tersebut diupload berikan nama sesuai kata kunci seperti "Cara stroke up satria FU.mp4 / Cara stroke up satria FU.avi", jangan pernah mengupload sebuah video yang memiliki penamaan aneh bawaan kamera seperti misalnya VID4435389.mp4 / MOV4435223.avi. Tujuan dari pengeditan nama video sebelum diupload ini adalah untuk memperkuat kata kunci video.

#Isi detail properties file video sebelum diupload

Masih dalam kondisi yang sama sebelum video di upload, selain mengubah file video tadi dengan nama yang mengandung keyword, berilah judul, sub judul, komen dan tag pada deskripsi video. Caranya adalah dengan meng klik kanan file video anda kemudian pilih properties dan kemudian pilih tab details. Contohnya silahkan dilihat gambar dibawah ini.

teknik seo youtube paling ampuh

Untuk bagian judul bisa kalian isi dengan judul video yang sesuai dan mengandung kata kunci, sedangkan untuk bagian sub judul berisi kata kunci turunan dari judul video utama. Untuk bagian tag silahkan anda isi dengan tag video, jika tag lebih dari satu pisahkan dengan tanda koma. Dan yang terakhir adalah di bagian komen silahkan isi dengan deskripsi dari video anda.


5. Optimasi SEO on page youtube

Seo on page adalah teknik optimasi yang diterapkan langsung didalam halaman dasboard dari video anda yakni dengan melakukan pengaturan pengaturan khusus speerti dibawah ini :

#Optimasi keyword pada judul video

Nah tips optimasi seo lainnya adalah saat anda mengupload file video kalian ke saluran youtube jangan lupa untuk menanamkan kata kunci pada judul video. Jika anda telah melakukan pra optimasi diatas maka tidak perlu lagi mengedit judul video karena saat di upload nama video kita di youtube akan sama dengan nama dari file video tersebut. Dengan menargetkan kata kunci pada judul maka kemungkinan video anda nongkrong di halaman pertama hasil pencarian semakin besar. hampir mirip dengan optimasi SEO di blog / website.

#Tanam kata kunci didalam deskripsi video youtube

Sembari kita menunggu file video kita terunggah, kita bisa menyetel setelan "info dasar" pada vidio yang masih dalam proses upload dengan menjelaskan deskripsi dari video anda, dan jangan lupa tanamkan kata kunci video didalam deskripsi. Tujuan dari penanaman kata kunci di dalam deskripsi video ini sekali lagi adalah untuk menguatkan kata kunci dari video kita.

#Tanam kata kunci didalam tag youtube

Setelah kita menguraikan deskripsi dari video yang sedang kita unggah, kita bisa mengedit setelan dasar video yaitu tag untuk video yang sedang diupload, pastikan anda memasukkan tag yang mengandung kata kunci. Untuk tag yang lebih dari satu gunakan enter untuk memisahkan antara tag yang satu dengan yang lainnya. Selain kata kunci, tanamkan juga kategori video anda didalam tag ini.

#Pilih kategori video yang sesuai

Untuk membuat video yang kalian upload menjadi lebih relevan maka pastikan anda memilih kategori video yang benar, misalnya jika video anda merisi tentang tutorial oprek mesin motor, untuk kategori yang sesuai adalah " mobil dan kendaraan atau bisa juga sain dan teknologi " jangan malah memasukkan ke kategori hiburan karena tutorial bukan termasuk sebuah hiburan :). Anda bisa melakukan perubahan ini pada tab setelan lanjutan.

6. Optimasi SEO off page youtube

Optimasi SEO off page adalah sebuah optimasi yang dilakukan diluar dari setelan video youtube yang telah diunggah.

#Saling berlangganan video

Sama halnya dengan jejaring sosial lain, jika anda ingin memiliki banyak pelanggan maka jangan ragu untuk berlangganan ke saluran youtube lain. Dengan anda men subscribe channel atau saluran orang lain, maka kemungkinan orang yang anda subscribe ini akan mensubscribe kembali ke channel anda semakin besar. Jangan lupa juga setelah anda menonton tayangan video di saluran orang lain setidaknya tinggalkan pesan baik itu pesan yang membangun daya kreatifitas, atau pesan gurau an atau candaan yang sopan.


#Share video anda d seluruh sosial media yang kalian miliki

Salah satu cara yang paling cepat agar video anda dikenal dan diketahui orang lain ialah dengan kita rutin membagikan link video kita di media sosial. Dengan demikian arus klik yang menuju kedalam channel anda semakin besar.

7. Bangun channel video anda agar lebih populer

Setelah kesemua teknik SEO youtube ini telah kalian terapkan, langkah selanjutnya adalah mengembangkan channel kita agar nantinya lebih populer alias dikenal banyak orang dan memiliki jumlah subscriber yang banyak. Jika channel anda sudah memiliki banyak pelanggan yang berlangganan di channel video anda sehingga menjadi populer, maka penghasilan receh dari dollar AdSense akan mengalir ke akun anda.

Baca juga : Trik ampuh dapat ribuan dollar AdSense dari youtube

Jadi kunci agar bisa sukses di YouTube ini diantaranya adalah Optimasi SEO on video file, Optimasi SEO on page youtube, Optimasi SEO off page dan semangat kerja keras yang tinggi untuk sukses. Semoga bermanfaat.

Sumber : Tips AdSense



0 Response to "Cara Ampuh Optimasi SEO Di Youtube"

Post a Comment